;;Direktur Utama vs Tukang Becak;;

 Image

Gambar di atas diambil dari http://macklessonsradio.com/resources/director1.jpg & http://3.bp.blogspot.com

Di suatu siang yang berawan lewatlah sebuah mobil Toyota Alphard di blusukan jalanan ibukota. Sang sopir sengaja lewat gang-gang kecil tersebut untuk menghindari kemacetan di ruas utama jalanan Jakarta. Di kursi belakang, duduklah seorang pria memakai jas hitam. Dia adalah direktur utama di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi. Pak Agus namanya. Pak Agus sudah beristri dan mempunyai satu orang anak. Kalau dilihat dari segi kekayaan, Pak Agus mempunyai beberapa rumah di komplek-komplek mewah, beberapa unit mobil mewah serta investasi di mana-mana. Intinya dia orang kaya.

Akan tetapi, kali ini Pak Agus terlihat memegang kepalanya. Bagaimana tidak, dia tengah dipusingkan dengan menurunnya profit perusahaannya secara drastis dalam 2 tahun terakhir, sementara akan ada ribuan pendemo minggu depan terkait kebijakan perusahaan yang kan “merumahkan” beberapa ratus pegawainya untuk menghemat pengeluaran perusahaan. Belum lagi urusan keluarganya, anak satu-satunya tak terlihat sedikitpun cahaya terang masa depannya, dia gemar Ndugem tiap malem dan hanya menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. pusing pusiiiiing pusiiiiiiing pak direktur itu dibuatnya….

Di balik mobilnya Pak Agus melihat seorang tukang becak yang tengah tertidur menanti penumpang yang entah sejak pagi tadi belum jua satu pun nyangkut di becaknya. Pak Agus mengamati, kenapa ya tukang becak itu bisa tidur pulas padahal bisa dipastikan dia tidak punya uang, tuh nggak ada penumpang. Benar saja Pak Agus begitu iri, boro-boro tidur siang, tidur malam pun ia hanya menghabiskan waktu cuma kurang dari 4 jam setiap harinya. Pak Agus berpikiran, andai saja ia bisa seperti tukang becak yang tak harus memikirkan urusan perusahaan beserta ribuan karyawannya yang mau di PHK, yang bisa tidur nyenyak kapanpun dan di manapun.

Sementara itu si tukang becak tetiba terbangun dari tidur lelapnya, Pak Joko namanya. Pak Joko memang biasa negetem di lorong gang kecil ini. Sesaat setelah terbangun, diamati sekelilingnya tak ada ibu-ibu jalan kaki yang kali saja mau menggunakan jasa becaknya. Dia hanya melihat sebuah mobil mewah yang melintas di depan becak tuanya. Sesaat itu pula Pak Joko berpikiran, andai saja bisa jadi orang kaya seperti yang punya mobil mewah itu, tentunya ia tak harus berpanas-panasan menunggu datangnya penumpang setiap harinya. Untuk hari ini saja ia baru dapat satu orang penumpang dan cuma dapat 15 ribu perak. Ia juga tak harus memikirkan urusan asap dapur yang harus ngepul tiap harinya. Tak harus pula memikirkan kelak anaknya harus melanjutkan sekolah atau tidak. Betapa beruntungnya ia jika punya banyak uang.

Gimana broh? udah dapet inti cerita di atas?

Yah begitulah dunia… kalau kata orang jawa, urip iku sawang sinawang (saling memandang). Satu sisi melihat kehidupan orang lain lebih baik, di sisi lain melihat kehidupan yang satu lebih baik darinya. Ada lagi pepatah yang bilang, rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau.

Tiap orang selalu saja ada rasa iri pada setiap pencapaian sukses dari orang di sekitarnya.  Mayoritas memandangnya dari segi material, yesss urusan duit selalu saja jadi motivasi utamanya. Padahal di dunia ini nggak melulu urusan duit yang dicari, masih ada urusan akhirat brohh…

Kalau kita disibukkan dengan ngiler  tiap liat kesuksesan orang lain dan merasa diri kita lebih rendah, gimana kita mau maju? Syukur dan sabar adalah jawabannya. Syukur atas pencapaian yang sudah kita dapat, dan sabar atas apa yang belum kita dapat serta diimbangi dengan usaha dan doa.

Semoga kita termasuk makhuk-Nya yang pandai-pandai bersyukur dan bersabar 🙂

2 thoughts on “;;Direktur Utama vs Tukang Becak;;

  1. Salam kenal namaku kharisman N.R,kelas 3 SMA, yg insya Allah pengen berusaha masuk STAN tahun ini.
    Setiap postinganmu selalu ku nanti2, aku ini fans beratmu mas, hehe. Apalagi postingan yg tentang STAN, wah sangat memotivasi aku bgt. Kalo boleh kenal lebih jauh, saya berterima kasih sekali. Wassalam,

    1. Salam kenal juga Kharisman…
      Km add aja facebook n twitterku… biasa ngoceh disono…
      makasih udah jadi fansku, hehehe…
      cuma sekedar sharing pengalaman…
      insyaallah tahun ini (bulan Juni sepertinya) akan ada pendaftaran USM STAN DIII, so prepare for the best!!
      :))))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s